Contoh RPPM PAUD Kurikulum 2013 Kelompok B Lengkap

RPPH Paud
RPPH PAUD
Pendidikan Anak Usia Dini »
Bagi Bapak Ibu Guru yang sedang membutuhkan Contoh RPPM Paud Kurikulum 2013 untuk Usia 5-6 Tahun kebetulan melalui halaman ini admin akan memberikan beberapa kumpulan contoh rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan secara lengkap meliputi pembelajaran semester 1 dan 2.

Membicarakan tentang pembuatan rencana kegiatan mingguan Kelompok TK B yang akan admin bagikan inipun dimana telah kami sesuaikan berdasarkan pada lampiran permendikbud nomor 146 tentang perencanaan pembelajaran pendidikan anak usia dini dengan isi dari keluasan materi telah merujuk berdasarkan pada Program Semester Paud serta muatan pembelajaran Dokumen 1 yakni pemetaan materi pembelajaran berdasarkan Program Tahunan Paud dan kompetensi dasar.

Contoh RPPM PAUD

Contoh RPPM PAUD Kurikulum 2013 TK B Usia 5-6 Tahun Lengkap

Rencana kegiatan mingguan yang mana merupakan bagian salah satu dari perencanaan pembelajaran yang harus disiapkan serta disusun pendidik sebagai pedoman untuk melaksanakan prose kegiatan belajar,

juga untuk mendukung Guru dalam membangung sikap, pengetahuan dan keterampilan yang diharapkan harus dimiliki anak didik serta untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan pembelajaran, oleh karena itulah Guru perlu merancang pembelajaran terlebih dahulu sebelum pelaksanaan mengajar dilaskanakan.

Lalu apa dan bagaimana menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan RPPM?

Berikut ini adalah komponen dan struktur pengembangan penysusunan RPPM mencakup terdiri dari:
  1. Identitas Program Layanan
  2. Kompetensi Dasar
  3. Materi Pembelajaran
Dalam menyusun rencana kegiatan mingguan untuk identitas program layanan diatas pada umumnya memuat kerangka sebagai berikut:
  1. Nama Satuan Paud
  2. Semester Bulan Minggu sebagai pembelajaran yang akan dilaksankan
  3. Tema Subtema SubSubtema dengan mengambil materi yang telah di susun di program Semester
  4. Kelompok Usia anak di isi dengan sasaran Program yang menjadi bagian dari Visi Misi dan harus di capai anak didik
Sedang pada Kompetensi Dasar berisikan beberapa komponen yang termuat atas materi yang dipilih dari Program Semester sebagaimana tadi kami terangkan di atas berikut Contoh RPPM untuk KD mencakup materi seluruh materi pengembangnan seperti Nilai Agama dan Moral, Motorik, Sosial Emosional, Kognitif, Bahasa dan Seni.

Untuk Materi Pembelajaran diambil dari suatu materi pokok pembelajaran yang sudah dijabarkan pada KD dengan materi menyesuaikan karakterisik dan kemampuan belajar anak didik, sehingga membuat rencana mingguan pendidik perlu memahami ketetapan STPPA,

Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak dan Kompetensi Dasar yang menjadi tolak ukur capaian hasil pembelajaran. Pada Materi pembelajaran untuk pengembangan sikap yang telah ditentukan kemudian di masukan kedalam SOP yang menjadi pembiasaan untuk diterapkan sehari-sehari.

Berikut Rencana pembelajaran untuk Contoh RPPM PAUD Kurikulum 2013 akan admin bagikan secara lengkap yiatu meliputi Tema Subtema dan subsubtema sebagai referensi juga perbandingan dalam membuat rencana kegiatan mingguan serta dalam menetapkan KD di setiap Tema. Berikut Daftar Tema Paud untuk RPPM full selama satu semester ganjil dan genap yang kami sajikan dapat dilihat dibawah ini.
RKM PAUD Semester 1
  1. RPPM Tema Diriku Subtema Identitas Diri berisikan SubSubtema : Nama, Jenis Kelamin, Usia, Nama Ayah, Nama Ibu.
  2. RPPM Tema Diriku Subtema Tubuhku Memuat SubSubtema : Ciri-ciri Tubuh, Anggota Tubuh (Kepala, Tangan, Kaki).
  3. RPPM Tema Diriku Subtema Panca Indera memuat SubSubtema : Macamnya, Manfaatnya, (Mata, Hidung, Lidah, Telinga, Kulit)
  4. RPPM Tema Lingkuknganku Subtema Keluragaku SubSubtema : Anggota Keluarga, Tugas Ayah / Ibu, Kebiasaan dalam Keluarga, Tata Tertib dalam Keluarga.
  5. RPPM Tema Lingkunganku Subtema Rumahku Subsubtema : Bahan Pembuatan Rumah, Bagian-bagian Rumah, Perkakas Rumah, Jenis-jenis rumah, Tetangga.
  6. RPPM Tema Lingkunganku Subtema Sekolah Subsubtema : Alat-alat Sekolah, Warga Sekolah, Alat Permainan Sekolah.
  7. RPPM Tema Kebutuhanku Subtema Makanan SubSubtema : Manfaat, Sumber, Jenis, Alat-alat Memasak, Makan, Cara Menyajikan.
  8. RPPM Tema Kebutuhanku Subtema Minuman SubSubtema : Manfaat, Sumber, Jenis, Alat alat memasak dan makan, Cara menyajikan.
  9. RPPM Tema Kebutuhanku Subtema Pakaian Subsubtema : Manfaat, Bahan, Jenis, Cara Membuat, Cara Merawat.
  10. RPPM Tema Kebutuhankku Subtema Kebersihan, Kesehatan Subsubtema : Manfaat, Cara memelihara, Alat-alat Kebersihan, Akibat Hidup tida Bersih, Obat dan benda-benda yang berbahaya.
  11. RPPM Tema Binatang Subtema Binatang Darat Subsubtema : Ciri-cirinya, Perkembangbiakan, Makanannya, Manfaatnya, Bahayanya.
  12. RPPM Tema Binatang Subtema Binatang yang Hidup di Air Subsubtema: Air, Tawar, Laut, Ciri-ciri, Perkembangbiakan, makananya, manfaatnya, bahayanya.
  13. RPPM Tema Binatang Subtema Binatang yang bisa Terbang Subsubtema : Jenisnya, ciri-cirinya, makanannya, Perkembangiakan, manfaatnya, bahayanya.
  14. RPPM Tema Tanaman Subtema Tanaman Jenis Pohon Subsbtema : Berkayu dan tidak berkayu, manfaatnya, jenisnya, bagian-bagian tanaman, cara menanam.
  15. RPPM Tema Tanaman Subtema Tanaman Hias dan Perdu SubSubtema: Manfaatnya, jenisnya, bagian-bagiannya, cara menanam.
  16. RPPM Tema Tanaman Subtema Tanaman Jenis Sayur Apotik Hidup Subsubtema : Manfaatnya, Jenisnya, bagian-bagiannya, cara menanam.
  17. RPPM Tema Tanaman Jenis Buah dan jenis Umbi Subsubtema : Manfaatnya, jenisnya, bagian-bagiannya, cara menanam.
RKM PAUD Semester 2
  1. RPPM Tema Rekreasi Subtema Tempat-tempat rekreasi
  2. RPPM Tema Rekreasi Subtema Perlengkapan rekreasi
  3. RPPM Tema Kendaraan Subtema Kendaraan Darat
  4. RPPM Tema Kendaraan Subtema Kendaraan Air Subsubtema : Perahu Layar, Kapal Laut, Rakit, Perahu karet dan Pelampung
  5. RPPM Tema Kendaraan Subtema Kendaraan Udara Subsubtema : Pesawat Terbang, Helikopter, kapal Layang, Balon Udara.
  6. RPPM Tema Pekerjaan Subtema Bidang Pendidikan, Bidang Kessehatan, Subsubtema : Guru, TU / pesuruh, Dokter, Bidan dan Perawat.
  7. RPPM Tema Pekerjaan Subtema Bidang Keamanan, Bidang Pemerintah SubSubtema Polisi, Tentara, Hasnip, Satpam, Bupati, Kepala Desa.
  8. RPPM Tema Pekerjaan Subtema Bidang Swasta Subsubtema : Petani, Koki, Tukang Kayu Nelayan.
  9. RPPM Tema Air, Udara, Api Subtema Air Subsubtema : Sumber Air, Guna Air, Tempat Air, Sifat Air, Bahaya Air.
  10. RPPM Tema Air, Udara, Api Subtema Api Subsubtema : Guna Api, Sumber Api, Sifat Api, Bahaya Api.
  11. RPPM Tema Air, Udara, Api Subtema Udara Subsubtema : Manfaat Udara, Sumber Udara, Sifat Udara, Bahaya Udara.
  12. RPPM Tema Alat Komunikasi Subtema Alat Komunikasi Elektronik Subsubtema : Radio, Televisi, Telepon, Handphone, Laptop, Komputer.
  13. RPPM Tema Alat Komunikasi Subtema Alat Komunikasi Cetak dan Tradisional Subsubtema : Koran, Majalah, Baleho, Selebaran, Kentongan, Peluit, Bedug.
  14. RPPM Tema Negaraku Subtema Nama Negara, Dasar Negara, Lamang negara, Bendera Negara Pulau.
  15. RPPM Tema Negaraku Subtema Presiden dan wakil, Pahlawan, Hari Besar nasional, Adat Istiadat, Lagu-lagu Nasional.
  16. RPPM Tema Alam Semesta Subtema Bumi Subsubtema : Pegunungan, Perkotaan, Pedesaan, Gunung Meletus, Tanah Longsor.
  17. RPPM Tema Alam Semesta Subtema Benda-benda Langit Subsubtema : Matahari, Bulan, Bintang, Pelangi, Awan, Petir, halilintar.
Selengkapnya Materi Rencana Kegiatan Mingguan atau RPPM Semester 1 dan 2 silahkan dapatkan filenya pada tautan yang terlampir dibawah ini.
Demikianlah diharapkan semoga dengan adanya Perangkat Mengajar Guru PAUD kami bagikan dapat membantu memenuhi kebutuhan keperluan rekan rekan pendidik dalam membuat rancangan rencana pembelajaran. Sekian penyampaian artikel diatas semoga dapat menambah ide juga inspirasi dalam mengembangkan materi bahan ajar. Terimakasih.
RPPH PAUD

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Daftar RPP Revisi Baru