Contoh Program Semester K13 Paud Tahun 2017 2018

RPPH Paud
RPPH PAUD
Pendidikan Anak Usia Dini »
Program Semester Paud atau singkatan dari Promes Paud dimana merupakan bagian dari salah satu serangkaian rencana pembelajaran. Tentu nya harus di susun pendidik sebelum pelaksanaan pembelajaran di laksanakan dan merupakan bagian dari suatu Program Paud yang harus di siapkan oleh pemangku kependidikan, sebagai patokan sekaligus pedoman dalam terlaksana nya kegiatan belajar dan bermain selama satu semester.

Program Semester (Promes Paud) pada hakikat nya adalah rancangan program pengajaran yang di susun sebagai upaya untuk mendorong peserta didik, dengan tujuan untuk membantu juga mengembangkan anak didik agar dapat mencapai serta menguasai pengetahuan, sikap dan keterampilan dengan berdasarkan pada standar tingkat pencapaian peserta didik (STPPA).


Promes Paud pun disusun sebagai acuan dalam membentuk aspek sikap pengetahuan dan keterampilan siswa melalui beberapa materi yang telah di jabarkan dalam Kompetensi Dasar, juga sebagai pedoman pendidik dalam mengembangkan program-program selanjutnya yakni seperti RPPM dan RPPH Paud, atau Program Mingguan juga Program Harian.
Program Semester Paud

Contoh Program Semester K13 Paud Tahun 2017 2018 Lengkap

Membahas tentang Rancangan pembelajaran untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ada tiga jenis perencanaan pembelajaran yang wajib di susun oleh Guru Paud secara mandiri, berikut rancangan pembelajaran yang dimaksud atau isi dari Dokumen 2 Kurikulum Paud diantara nya :
  1. Program Semester (Promes)
  2. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM)
  3. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH)
Dalam menyusun salah satu rencana pembelajaran yaitu Program Semester, terlebih pendidik harus mengacu pada suatu muatan pembelajaran yang telah dirumuskan dan ditetapkan sebagaimana yang tertuang dari arahan permendikbud tentang Kurikulum 2013 Paud dan Dokumen KTSP. Terkait mengenai Dokumen 1 yang berisi sebagai berikut :
  1. Visi Misi
  2. Tujuan Satuan Pendidikan
  3. Program Pengembangan dan Materi Pembelajaran
  4. Pengaturan Beban Belajar
  5. Kalender Pendidikan
  6. Program Tahunan
  7. SOP 
Dari pemaparan di atas tentu saja rekan rekan pendidik perlu dan wajib menyusun ke tiga jenis perencanaan pembelajaran tersebut, namun yang akan kami bagikan untuk Program Paud kali ini yaitu Program Semester saja yang mungkin untuk Program pembelajaran mingguan dan program pembelajaran Harian akan kami update secara bertahap di postingan yang akan datang.

Penyusunan Promes (Program Semester) memiliki beberapa tahapan atau langkah dalam menyusun nya yakni membuat daftar Tema untuk satu Semester dengan memperhatikan prinsip pengembangan suatu Tema.

Pemilihan serta penetapan Tema dikembangkan menjadi Subtema dan Sub-Subtema sebagai pengembangan yang lebih terperinci dan mendalam. Menentukan Alokasi Waktu, serta menetapkan Kompetensi Dasar di setiap Tema dengan penentuan KD mencakup semua aspek perkembangan seperti nilai agama dan moral, Fisik motorik, .kognitif, sosial-emosional, Bahasa dan Seni.

Berikut ini Contoh Promes Paud K13 Tahun Ajar 2017 2018 akan admin bagikan untuk KB-A (Usia 2-3 Tahun), KB-B (Usia 3-4 Tahun), TK A (Usia 4-5 Tahun) dan B (Usia 5-6 Tahun), yang dapat rekan rekan Guru Paud dapatkan filenya secara lengkap. Dengan Format telah kami kemas dalam Miscrosoft Word.

Selain itu agar tetap terjaga juga terhindar dari serangan virus dokumen tersebut admin simpan dalam media online milik produk google, yang tentu nya bisa di akses melalui Smpartphone pintar milik anda juga semua media internet baik berbasis Android, Tablet maupun Komputer. Selengkapnya silahkan dapatkan Contoh Format nya pada tautan di bawah ini.

Program Semester Paud

  • Contoh Promes K-13 Paud KB A (Usia 2-3 Tahun) Melalui Google Drive
  • Contoh Promes K-13 Paud KB B (Usia 3-4 Tahun) via Google Drive
  • Contoh Promes K 13 Paud TK A (Usia 4-5 Tahun) Media Google Drive
  • Contoh Promes K 13 Paud TK B (Usia 5-6 Tahun) Google Drive
Mengenai dari Dokumen rancangan pembelajaran kamipun telah update untuk suatu tema pokok lengkap untuk pembelajaran mingguan dan harian yang mungkin anda butuhkan juga sebgai referensi dalam menyusun konsep bahan ajar berikut silahkan tinjau trlebih dahulu Contoh RPPM Paud dan Contoh RPPH Paud.

Demikianlah sedikit pembahasan terkait salah satu rancangan Program Paud untuk Program Semester kami bagikan di harapkan dapat menjadi acuan serta referensi bagi rekan-rekan pendidik terutama untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di satuan pendidikan anak usia dini. Sekian penyampaian artikel hari ini semoga bermanfaat.

Setelah selesai menyimpan kami harap bantu kembali untuk membagikan nya kembali kepada sesama pendidik yang sedang memerlukan biar tambah berkah buat kita semua. jangan lupa menunggu Update dan Postingan dari kami Terimakasih atas partisipasi dan kunjungan anda.
RPPH PAUD

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Daftar RPP Revisi Baru