RPPH PAUD Kurikulum 2013 TK B Semester 1 dan 2 Lengkap

RPPH Paud
RPPH PAUD
Pendidikan Anak Usia Dini »
Untuk membantu tugas pekerjaan Bapak Ibu Guru dalam mengatur serta mengelola setiap rencana pembelajaran di lembaga pendidikan anak usia dini maka kamipun akan membagikan Format dan Contoh RPPH PAUD Kurikulum 2013 yang mana dapat anda gunakan sebagai bahan referensi ataupun perbandingan dalam membuat susunan Rencana Program Pembelajaran harian.

Membahas mengenai penyusunan rancangan pembelajaran (RPPH), memang merupakan bagian salah satu tuntutan bagi pendidik / Guru, yang harus di siapkan terlebih dahulu, agar proses kegiatan belajar mengajar dan bermain dapat tersusun dan tertata dengan baik, terlebih untuk meningkatkan tumbuh kembang anak didik, seperti mengembangkan aspek pemahaman nilai-nilai agama dan moral, fisik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan keterampilan maupun seni.

Suhubungan itu, mengembangkan aspek-aspek tersebut tentu saja mengharuskan rekan-rekan guru mengkonsep suatu materi pembelajaran sesuai tingkat pertumbuhan dan perkembangan yang harus dicapai anak didik pada rentan usia tertentu. Nah terkait hal tersebut maka pendidik perlu membuat konsep rancangan kegiatan belajar yang dapat membimbing anak didik mencapai standar tingkat pencapaian perkembangan (STPPA PAUD) yang telah ditetapkan juga sesuai visi misi tujuan satuan pendidikan serta lingkungan budaya di sekolah masing-masing.

RPPH PAUD Kurikulum 2013

Contoh RPPH PAUD TK B Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Lengkap

Berhubung dengan Bapak Ibu Guru akan membuat rancangan kegiatan harian RPPH, admin disini akan membagikan Contoh Rencana Program Pembelajaran harian atau RPPH K13 Semester 1 dan 2 untuk TK B Usia 5 sampai 6 Tahun, dimana kami sajikan sebagai bahan referensi rekan rekan guru yang akan melakukan pembuatan susunan materi bahan pembelajaran. Dari RKH TK B Usia 5-6 Tahun yang terdapat pada halaman inipun kami bagikan secara lengkap terdiri dari Tema SubTema dan Pembelajaran harian untuk setiap Minggu nya, dengan demikian diharapkan dapat membantu dalam membuat materi pembelajaran sesuai dengan suatu tingkat pencapaian perkembangan yang harus dicapai peserta didik.

Karena sebagai mana kita ketahui bersama penyusunan RPPM dan RPPH Paud Kurikulum 2013 pada dasarnya harus merujuk pada suatu kompetensi dasar yang telah dijabarkan dalam program semester, terkait suatu ketetapan untuk Tema Pokok yang akan digunakan sebagai proses mengajar selama satu Semester.

RPPM sebagaimana pengembangan dari Promes disusun sebagai penetapan suatu muatan materi selama satu minggu dan merupakan bahan acuan untuk pengembangan pelaksanaan kegiatan harian RPPH, mengenai perihal tersebut kamipun telah menyajikan Contoh RPPM Paud yang barangkali ayah bunda butuhkan juga untuk membuat program pelaksanaan kegiatan mengajar harian.

Oke kembali ke pembahasan terkait Pada Rencana pelaksanaan pembelajaran harian atau RPPH Kurikulum 2013 yang ada dihalaman ini dimana telah memuat beberapa Tema dan SubTema, yang sudah kami satukan filenya kedalam Google Drive (Microsoft Word) dengan berdasarkan per Tema nya, sehingga dapat anda miliki secara lengkap, meliputi semua subtema. Berikut sedikit penjelasan materi bahan ajar TK B bisa anda lihat ulasannya dibawah ini.
RPPH Tema Diriku / Diri Sendiri SubTema :
  1. IDENTITAS
  2. WAJAHKU
  3. ANGGOTA TUBUH
  4. KESUKAANKU
Dimana berisikan beberapa muatan materi pembelajaran dengan Kegiatan Inti, Menyebutkan nama diri,umur dan tempat tinggal sambil berjabat tangan, Mengelompokkan benda yang dipergunakan untuk makan dengan cara memberi warna Mengukur tinggi, berat badan.
RPPH Tema Diriku Melalui Google Drive
RPPH Tema Keluarga Subtema :
  1. ANGGOTA KELUARGA,
  2. KEBIASAAN DALAM KELUARGA,
  3. MAKANAN DAN PAKAIAN,
  4. RUMAHKU
Berisikan Langkah langkah Kegiatan Inti sebagai berikut : Memberikan keterangan di luar- dalam : memberi warna biru pada kegiatan di luar rumah, warna merah pada kegiatan di dalam rumah, mengerjakan maze  Mama menuju dapur, Mengelompokkan peralatan dapur mama yang mengeluarkan bunyi bila dipukul dengan cara memberi warna.
RPPH Tema Keluarga Via Google Drive
RPPH Tema Sekolahku SubTema:
  1. WARGA SEKOLAH,
  2. BAGIAN - BAGIAN SEKOLAHKU,
  3. KEGIATAN SEKOLAH,
  4. PERLENGKAPAN SEKOLAH,
Memuat materi pembelajaran dengan Kegiatan Inti, Bercerita tentang gambar sekolah yang sudah disediakan.
Mengelompokkan mainan sekolah yang berbentuk segitiga.
Menuliskan lambanganya sesuai dengan jumlah mainan.
Mengukur tinggi, berat badan anak.
RPPH Tema Sekolahku Via Google Drive
RPPH Tema Lingkunganku Subtema:
  1. TEMPAT BERMAIN,
  2. PERGI BELANJA,
  3. PEKERJAAN,
  4. TRANSPORTASI,
Berisikan Kegiatan Belajar dengan memuat materi pelaksanaan Inti seperti
Menyebutkan nama transportasi darat, Bercerita dengan gambar seri yang telah disediakan, Mengerjakan maze, Pergi ke Pantai naik bus/mobil.
RPPH K13 Tema Lingkunganku Media Google Drive
RPPH Tema Dunia Hewan Subtema:
  1. HEWAN LIAR,
  2. HEWAN DARAT,
  3. HEWAN AIR,
  4. HEWAN PELIHARAAN,
Memuat Kegiatan Belajar dengan mencakup materi pelaksanaan Inti seperti
Memberikan keterangan posisi : nama hewan yang berada di luar kandang Menentukan alat yang dipakai untuk membuat sate kambing.
RPPH K13 Tema Dunia Hewan.Media Google Drive
RPPH Tema Dunia Tanaman Subtema:
  1. ANEKA BUAH,
  2. ANEKA SAYURAN,
  3. TANAMAN HIAS,
  4. YUK MENANAM,
Mencakup Kegiatan Belajar dengan Isi materi pelaksanaan Inti seperti
Mengurutkan gambar seri dengan menuliskan bilangan pada kotak, Mencetak daun singkong, Menunjukkkan peralatan utuk memotong, tanaman dengan cara memberi tanda V.
RPPH K13 Tema Dunia Tanaman.Media Google Drive
RPPH Tema Keindahan Alam Subtema:
  1. KEINDAHAN LANGIT,
  2. KEINDAHAN GUNUNG,
  3. KEINDAHAN PANTAI,
  4. KEINDAHAN SATWA,
Berisikan Kegiatan Belajar dengan Isi materi pelaksanaan Inti seperti
Mengelompokkan hewan yang dipelihara di rumah dengan cara memberi tanda v pada gambar hewan yang dipelihara di rumah, Menyatakan jernih atau keruh air dalam gelas untuk minuman kucing yang ditunjukkan guru, Mengungkapkan nama hewan lucu yang disenangi.
RPPH K13 Tema Keindahan Alam.Google Drive
RPPH Tema Petualang Cilik Subtema:
  1. BERKEMAH,
  2. MENDAKI GUNUNG,
  3. MENJELAJAH HUTAN,
  4. MENELUSURI SUNGAI,
Mencakup Kegiatan Belajar dengan Isi materi pelaksanaan Inti seperti
Menuliskan cerita sederhana sesuai gambar, Mencoba dan menceritakan bila kelereng bola digulirkan di air sungai.
RPPH K13 Tema Petualang Cilik.Google Drive

Demikian diharapkan semoga dengan adanya Kumpulan Contoh RPPH PAUD yang mengacu pada Kurikulum 2013 dapat memenuhi kebutuhan tugas pekerjaan Bapak Ibu Guru. Dalam merancang konsep materi bahan pembelajaran. Sekian informasi artikel kali ini mudah mudahan bisa menambah inspirasi dan ide dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Terimakasih atas kunjungan anda semoga bermanfaat.

Melalui postingan ini juga kami informasikan kepada rekan pendidik terkait materi pembelajaran, di mana admin telah menyajikan juga Contoh RPPH PAUD Kurikulum 2013 untuk Kelompok A Semester 1 dan 2 tahun pelajaran 2017 2018 lengkap meliputi Tema dan SubTema. yang mungkin anda butuhkan juga sebagai bahan referensi dalam membuat susunan rencana pelaksanaan pembelajaran harian. Jika membutuhkan Format file tersebut silahkan dapatkan filenya dengan beralih halaman melalui tautan yang telah tersemat diatas.
RPPH PAUD

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Daftar RPP Revisi Baru