RPPH Kurikulum 2013 Paud Kelompok A Semester 1 dan 2

RPPH Paud
RPPH PAUD
Pendidikan Anak Usia Dini »
Sebagai seorang pendidik di haruskan dapat mengatur dan menata kelola Administrasi Kelas dengan baik, termasuk merancang program pembelajaran, sebagai penunjang untuk membantu meningkatkan tumbuh kembang anak baik dalam segi pembentukan sikap, meningkatkan pengetahuan ataupun mengembangkan keterampilan dengan membuat sebuah format RPPH Kurikulum 2013.

Oleh karena itu menyusun rencana program pembelajaran harian merupakan proses yang harus disiapkan pendidik, agar dalam mengembangkan potensi peserta didik dapat tertata kelola dengan baik terutama sesuai dengan tingkat pencapaian anak usia tertentu.

Nah sehubungan dengan hal tersebut maka kamipun akan membagikan Contoh RPPH PAUD untuk kelompok A yang dapat rekan rekan pendidik gunakan sebagai referensi dalam membuat rencana program pembelajaran harian disekolah, dengan berdasarkan ketetapan pada materi Indikator Pencapaian anak didik yang telah ditetapkan.

Membahas terkait pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran harian memang pada dasarnya merupakan suatu bagian tugas yang wajib disiapkan bagi pendidik agar proses belajar dan bermain dapat terkendali dengan baik, terlebih untuk mengembangkan kompetensi sikap anak didik, yaitu seluruh sikap seperti aspek nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, sosial emosional, bahasa serta seni. Terutama untuk mengembangkan aspek sikap Kompetensi dalam struktur Kurikulum 2013 Paud yang melingkup Kompetensi Sikap spiritual dan sikap sosial.

Sebagaimana merupakan bagian dari dua Kompetensi Inti Sikap pada Kurikulum K13 PAUD, Inilah KI 1 & KI 2 untuk Pendidikan Anak Usia Dini memuat, sebagai berikut:
Kompetensi Inti Sikap 1 Spiritual :
Menerima Ajaran Agama Yang di Anutnya, Mencerminkan Kecerdasan spiritual sebagai sikap kesadaran mengenai agama yang dianutnya.
Kompetensi Inti 2 Sikap Sosial :
Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif  dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu bekerja sama, mampu menyesuaikan diri (beradaptasi), jujur dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pengasuh dan teman serta Lingkungan, mencerminkan kecerdasan sosial emosional, sebagai sikap dan perilaku yang mengenal perasaan diri, orang lain, nilai-nilai sosial yang sesuai dengan norma serta budaya.

RPPH Kurikulum 2013 Paud

RPPH Paud Kurikulum 2013 Kelompok A Semester 1 dan 2 Lengkap

Sehubungan dengan perihal diatas tadi maka dalam membuat susunan RPPH PAUD (Rencana program pembelajaran harian) setiap pendidik diharuskan mampu juga memahami setiap ketetapan Kompetensi Dasar Sikap, namun untuk hal tersebut kami tidak akan membahas nya disini, dikarenakan takut rekan rekan pendidik bosan dalam membacanya, bukan itu saja namun dirasa karena akan terlalu panjang isi halaman nya yang akhirnya tidak enak dipandang, terutama membuat pendidik jadi lebih bingung lagi dalam membuat rencana kegiatan harian (RKH).

Dengan demikian maka kamipun akan langsung saja mengulas terkait RPPH Kurikulum 2013 PAUD yang tersaji di halaman ini dengan sedikit penjelasan pada Isi Materi pokok Pembelajan. Namun untuk satu tema saja yang selebihnya silahkan pahami serta dipelajari beberapa materi tema lainnya dengan dapatkan terlebih dahulu Format tersebut. Berikut RPPH Kelompok A Semester 1 yang kami sajikan inipun memuat materi pokok Tema Diri Sendiri dengan Subtema Identitas sendiri mencakup materi Kegiatan Pembelajaran seperti :
Materi Kegiatan : Menyayangi diri sendiri
  1. Berani tampil di depan umum
  2. Mengurus diri sendiri
  3. Menyanyikan lagu aku
  4. Fungsi identitas diri
  5. Menggerakkan jari-jari tangan
Alat dan bahan : Gambar anak laki-laki dan perempuan, kertas, kartu nama, pensil, krayon
Untuk Lebih Jelas dan Detailnya terkait masing-masing Tema pokok dan Subtema untuk RKH Paud Semester 2/1 berikut ini kami akan menampilkan setiap daftar Tema Pokok pembelajaran yang diambil dari program mingguan yang tersusun dibawah ini.
RPPH/ RKH PAUD Semester 1 Minggu Ke 1 sampai 8
  1. RPPH TK A Semester 1 Tema Identitas Diriku
  2. RPPH TK A Semester 1 Tema Tubuhku
  3. RPPH TK A Semester 1 Tema Panca Indra
  4. RPPH TK A Semester 1 Tema Keluarga
  5. RPPH TK A Semester 1 Tema Rumahku
  6. RPPH TK A Semester 1 Tema Sekolahku
  7. RPPH TK A Semester 1 Tema Makanan
  8. RPPH TK A Semester 1 Tema Minuman
RPPH/ RKH PAUD Semester 1 Minggu Ke 9 Sampai 17
  1. RPPH TK A Semester 1 Tema Pakaian
  2. RPPH TK A Semester 1 Tema Kebersihan, Kesehatan, Keamanan
  3. RPPH TK A Semester 1 Tema Binatang Hidup di Darat
  4. RPPH TK A Semester 1 Tema Binatang hidup di Air
  5. RPPH TK A Semester 1 Tema Binatang Yang Bisa Terbang
  6. RPPH TK A Semester 1 Tema Jenis Pohon
  7. RPPH TK A Semester 1 Tema Tanaman Hias, Tanaman Perdu
  8. RPPH TK A Semester 1 Tema Jenis Sayur dan Apotik Hidup
  9. RPPH TK A Semester 1 Tema Jenis Buah, Jenis Umbi
RKH /RPPH PAUD Semester 2 Untuk Minggu Ke 1 sampai 8
  1. RPPH TK A Semester 2 Tema Rekreasi
  2. RPPH TK A Semester 2 Tema Perlengkapan Rekreasi
  3. RPPH TK A Semester 2 Tema Kendaraan Darat
  4. RPPH TK A Semester 2 Tema Kendaraan Air
  5. RPPH TK A Semester 2 Tema Kendaraan Udara
  6. RPPH TK A Semester 2 Tema Pekerjaan Bidang Pendidikan Kesehatan
  7. RPPH TK A Semester 2 Tema Pekerjaan Bidang Keamanan, Pemerintahan
  8. RPPH TK A Semester 2 Tema Pekerjaan Bidang Pertanian, Pelayaran, Ekspedisi
RKH/RPPH PAUD Semester 2 Untuk Minggu Ke 9 Sampai 17
  1. RPPH TK A Semester 2 Tema Air
  2. RPPH TK A Semester 2 Tema API
  3. RPPH TK A Semester 2 Tema Udara
  4. RPPH TK A Semester 2 Tema Alat komunikasi Elektronik
  5. RPPH TK A Semester 2 Tema Alat Komunikasi Cetak, Tradisional
  6. RPPH TK A Semester 2 Tema Negaraku, Dasar Negara, Bendera
  7. RPPH TK A Semester 2 Tema Hari Besar Nasional, Pahlawan Nasional
  8. RPPH TK A Semester 2 Tema Alam Semesta Bumi
  9. RPPH TK A Semester 2 Tema Matahari Bulan Bintang Pelangi

Dari RPPH Paud usia 4-5 Tahun diatas dimana telah kami satukan filenya pada format Microsoft Word dengan RPPH Tema minggu ke 1 sampai 17 untuk masing masing selama satu semester full, selain itu agar terjaga keamanan nya dari virus kami kemas menggnuakan Google Drive yang tentunya bisa diakses melalui ponsel cerdas, tablet maupun komputer. berikut ini silahkan dapatkan format lengkapnya melalui tautan dibawah.
Sekian Materi Perangkat Pembelajaran K13 PAUD Tahun 2017 2018 Lengkap kami sajikan terdiri dari Contoh RPPH Paud Semester Ganjil dan Genap. Diharapkan dapat membantu tugas pekerjaan rekan-rekan pendidik dalam mengatur serta mengelola perangkat ,mengajar disekolah.

Pada Rencana kegiatan harian Paud yang admin bagikan diatas telah merujuk pada rancangan pembelajaran mingguan atau RPPM Paud Kurikulum 2013. Sehingga rekan rekan pendidik dapat menyusun materi pembelajaran sesuai dengan pada muatan materi kompetensi dasar.

Bagian terpenting untuk tercapainya program pendidikan adalah adanya keterlibatan setiap pengajar dalam menyiapkan materi bahan ajar, secara terencana, dan tersusun, oleh karena itu kami harap materi RPPH pedoman kurikulum 2013 Paud bisa menjadi sumber acuan anda.

Informasi terbaru dan ter update admin telah menyediakan RPPH PAUD Kurikulum 2013 TK B Usia 5-6 Tahun yang mungkin Bapak Ibu Guru butuhkan silahkan kunjungi saja dengan beralih halaman. Demikianlah yang bisa saya sampaikan melalui artikel kali ini semoga bermanfaat.
RPPH PAUD

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Daftar RPP Revisi Baru