Contoh RPPH PAUD Semester 1 Usia 4 - 5 Tahun Lengkap Berbagai Tema

RPPH Paud
RPPH PAUD
Pendidikan Anak Usia Dini »
Bagi anda yang sedang mencari cari bahan referensi dalam membuat sebuah rencana pelaksanaan pembelajaran harian untuk lembaga pendidikan anak usia dini ataupun Materi Anak TK / RPPH Paud kebetulan kami akan membagikan suatu contoh format materi pembelajaran, dimana kiranya dapat memenuhi kebutuhan anda dalam membuat susunan perencanaan untuk kegiatan bermain dengan memberikan suatu materi pembelajaran anak.

Program harian (RPPH) pada hakikatnya merupakan rencana pembelajaran yang dikembangkan dengan mengacu pada program mingguan, terkait hal ini kamipun telah membagikan juga salah satu berkas Contoh RPPM Paud, dengan demikian anda pun bisa menggunakan nya sebagai acuan dalam merancang konsep materi bekal ajar harian disekolah.

Membicarakan akan suatu pembuatan rencana kegiatan harian atau RPPH, terlebih harus berdasarkan arahan dari permendikbud sebagai mana yang tercantum pada Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD serta Dokumen KTSP dimana memiliki 2 tahapan yang menjadi acuan seperti :

Dokumen 1 : harus sesuai dengan visi dan misi, tujuan satuan pendidikan, dengan menjabarkan, menganalisa, serta mengembangkan program dan materi pembelajaran, pengaturan beban belajar, kalender pendidikan dan program tahunan, dan SOP, yang menjadi tolak ukur sebagai bahan suatu pengembangan pembelajaran.

Dokumen 2 : dimana berisikan susunan seperti perencanaan program semester, rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan atau RPPM, serta rencana pelaksanaan pembelajaran harian RPPH, dengan dilengkapi rencana penilaian perkembangan anak yang menjadi tolak ukur hasil pembelajaran.

Nah dari pemaparan di atas tadi maka bagi guru pendidik perlu membuat perencanaan kegiatan pembelajaran harian RPPH sesuai dengan tujuan dari satuan pendidikan juga muatan materi Kompetensi Dasar dan Indikator yang telah dijabarkan dari Silabus K13 PAUD.

Berkaitan dengan itu maka untuk kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini memiliki cakupan isi pengembangan dimana harus menyesuaikan apa yang menjadi salah satu struktur kurikulum, dengan proses pembelajaran​ menerapkan pendekatan saintifik dan penilaian bersifat autentik.

Oleh karenanya mengapa guru perlu merencanakan proses kegiatan pembelajaran RPPH? Karena pada dasarnya Pembelajaran yang baik dilakukan secara sistematis juga berkesinambungan dengan memperhatikan prinsip-prinsip seperti keluasan muatan/materi, pengalaman belajar, tempat dan waktu belajar, alat sumber belajar, model pembelajaran dan cara penilaian.

Mengenai akan suatu Indikator Penilaian Portofolio ataupun untuk  Buku Raport PAUD dan Playgroup dalam cara menilai dapat diukur serta ditentukan dengan melihat juga mengamati sejauh mana kegiatan pembelajaran dapat mengubah perilaku anak sesuai dengan tujuan kompetensi yang sudah ditetapkan.


RPPH PAUD

Contoh RPPH PAUD Kurikulum 2013 Semester 1 Usia 4-5 Tahun Lengkap Berbagai Tema

Pembuatan suatu Rencana kegiatan harian RKH/RPPH, pendidikan anak usia dini atau materi untuk anak paud , memuat beberapa komponen RPPH setidaknya sebagai berikut :
  1. Identitas program
  2. Materi
  3. Alat dan bahan
  4. Kegiatan pembukaan
  5. Kegiatan inti
  6. Kegiatan penutup
  7. Rencana penilaian.
Agar proses kegiatan pembelajaran dapat efesien dan efektif guru pun dapat melakukan nya dengan memfasilitasi alat peraga pendidikan anak, sebagai alat bantu yang dapat mengembangkan meningkatkan sikap intelektual, keterampilan, serta imajinasi untuk berkreativitas, dan membangun suasana belajar yang menyenangkan serta menarik minat anak dalam mengikuti pembelajaran.

Membicarakan suatu, Alat peraga pendidikan memang terdapat beberapa macam jenis barang seperti alat peraga tradisional maupun alat peraga modern, dan dari salah satu Peralatan Guru Paud yang biasa digunakan sebagai penunjang keperluan untuk kegiatan pembelajaran pada umumnya yaitu alat peraga edukatif terdiri dari balok susun warna maupun huruf dan angka, sentra persiapan papan alphabet, puzzle huruf dan angka, buku gambar hewan, buah-buahan, angka maupun huruf.

Kembali ke pembahasan mengenai RPPH rencana pelaksanaan kegiatan harian yang terdapat pada halaman ini, dimana admin bagikan secara lengkap dengan meliputi semua Tema, untuk Perangkat pembelajaran Semester 1, Format file tersebut pun kami tuangkan kedalam Microsoft Word sehingga dapat memudahkan dalam melakukan pengeditan.

Karena dari Contoh RPPH K13 Paud Semester 1 untuk pendidikan anak usia dini terlebih hanyalah sebagai contoh bahan referensi dimana selebihnya dapat guru pendidik edit kembali dengan menyesuaikan apa yang telah saya terangkan diatas tadi tentang penyusunan materi pembelajaran dengan berlandaskan pada Kurikulum 2013 Paud 2017 tentang Dokumen 2 yaitu mengenai Program Semester Paud serta Program Mingguan atau RPPM.

Berikut bagi yang membutuhkan silahkan download RPPH filenya melalui tautan dibawah ini.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian RPPH Paud Kurikulum 2013 Semester 1.
  1. RPPH -TEMA DIRIKU SUBTEMA IDENTITAS - MINGGU 1
  2. RPPH -TEMA DIRIKU SUBTEMA WAJAHKU - MINGGU 2
  3. RPPH -TEMA DIRIKU SUBTEMA ANGGOTA TUBUHKU - MINGGU 3
  4. RPPH -TEMA DIRIKU SUBTEMA KESUKAANKU - MINGGU 4
  5. RPPH -TEMA KELUARGA SUBTEMA ANGGOTA KELUARGA - MINGGU 5
  6. RPPH -TEMA KELUARGA SUBTEMA KEBIASAAN - MINGGU 6
  7. RPPH -TEMA KELUARGAKU SUBTEMA MAKANAN - MINGGU 7
  8. RPPH -TEMA KELUARGAKU SUBTEMA RUMAHKU - MINGGU 8
  9. RPPH -MODEL Pembelajaran KELOMPOK KURIKULUM 2013 TEMA DIRIKU
  10. RPPH -TEMA DIRI SENDIRI KURIKULUM 2013
Dapatkan contoh file format yang kami satukan di berikut ini:
Sekian sedikit ulasan penyampaian untuk artikel kali ini kami posting mudah mudahan bisa memenuhi kebutuhan serta wawasan anda dalam membuat rencana kegiatan pembelajaran harian untuk pendidikan anak usia dini. Terimakasih atas kunjungan nya semoga bermanfaat.

Informasi Terbaru bagi anda yang memerlukan materi pembelajaran, admin pun telah memposting Contoh RPPH PAUD Semester 2 untuk usia 4 5 Tahun dengan Tema Lengkap yang bisa rekan rekan guru dapatkan sebagai referensi dalam merancang atau menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran tahun ajar 2017 2018. Berikut untuk memiliki Contoh Format nya silahkan kunjungi pada tautan yang terlampir diatas.
RPPH PAUD

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Daftar RPP Revisi Baru