Administrasi Sarana dan Prasarana Paud TK KB RA

RPPH Paud
RPPH PAUD
Pendidikan Anak Usia Dini »
Memanajemen sarana dan prasarana di lembaga pendidikan anak usia dini tentunya merupakan bagian hal penting sebagai acuan untuk meningkatkan pengetahuan peserta didik, terutama agar bisa dapat mengimplementasikan ilmu yang dipelajari di sekolah, terkadang dalam manajemen Inventarisasi sarana prasarana terdapat beberapa kendala seperti perencanaan, pengadaan, pendistribusian, penginventarisasian, dan pemeliharaan.

Penyebab nya yakni karena didasari dengan beberapa faktor terutama yang sering di alami berdasarkan penelitian yaitu keterbatasan anggaran dana, dimana memang birokrasi bantuan pemerintah cukup rumit, Minimnya kemampuan SDM Sendiri membuat sarana prasarana terbatas.

Keterbatasan dalam penyiapan APE  (Alat Peraga Edukatif) didasari tidak adanya petugas pendistribusian secara khusus menangani tentang barang sarana prasarana menjadi salah satu faktor utama dalam penyiapan sumber media alat belajar, padahal dalam ketersediaan sarana prasarana sangatlah penting dan termasuk faktor penunjang keberhasilan pendidikan.
Administrasi Sarana Prasarana Paud TK KB RA


Administrasi Sarana Prasarana Sekolah Paud

Dalam menyikapi keterbatasan pendanaan tentu sebagai pengelola atau pengurus di lembaga pendidikan anak usia dini dan taman kanak-kanak, mengharuskan pengelolaan manajemen sarana prasarana dengan cara lain, belum di situ ada juga faktor yang menyebabkan penginventarisasian jika masih dalam bentuk catatan tangan, yang menimbulkan kurang efesien pekerjaan Sekolah.

Menyimak pemaparan di atas maka admin akan memberikan beberapa solusi yang dapat membantu dalam melakukan pengadaan, pendistribusian, pemeliharaan dan penginventarisasian, terutama dalam penyiapan APE,  pendukung alat belajar anak, yakni dengan mempertimbangkan kembali sebuah pengadaan sarana dan prasarana Paud yang harus disiapkan pendidik sebagai peralatan kerja guru juga alat bantu dalam menjalankan proses kegiatan mengajar.

Berikut ini salah satu daftar yang pada umumnya sering dijumpai di setiap lembaga TK Paud, bahkan mudah didapat di toko-toko online, pendistribusian jual alat alat belajar anak outdoor dan indoor.
Kuda Goyang
Balok Bangunan
Angka Digital
Jam Kayu
Lempar Gelang
Rambu-rambu
Bowling
Miniset
Meronce Geometri
Manik-manik
Balok Tank
Balok Palu
Puzzel Profesi
Tarian Adat
Wudlhu
Sholat Putri
Pakon Kleuarga
Puzzel Rumah Ibadah
AREA
Puzzel Huruf
Menara Geometri
Pakon Alat Transportasi
Pakaian Adat
Sholat Putra
Pakon Pofesi
4 Sehat 5 Sempurna
Rumah Adat
Pakon Hewan
Pakon Komunikasi
Pakon Alat Musik
Balok Pesawat
Menara Donat
Balok Baca
Balok Kapal
Nama Bulan(Hewan)
Nama Hari(Buah)
Menjahit
Puzzel Transportasi
Puzzel Buah
Puzzel Hewan
Katalog 1
Katalog 2
Balok Huruf
Asal Hasil/Lotto
Stempel Tema
Bakiak Tali
Pohon Hitung
Ukuran Tinggi Badan
Balok Pukul
Kotak Mozaik
Balok Geometri
Alat Pertanian
Pakon Lingkungan
Huruf Hijaiyah
Buah Huruf
Menara Kubus
Balok Kontener
Mencocok
Meronce Kayu (Isi Kotak Merjan)
Menganyam
Puzzle Pemandangan

Penyiapan Administrasi Sarana Prasarana Paud memang merupakan tugas pengelola yayasan juga lembaga yang harus disiapkan, guna untuk menunjang dalam tercapainya proses pembelajaran, serta pemenuhan sarana prasarana yang memadai, sehingga dapat dijadikan masukan baru dalam penyediaan sumber alat belajar untuk kelanjutan di masa yang akan datang.

Ada beberapa hal yang harus di ingat oleh setiap pendidik dalam memanajemen setiap sarana prasarana sekolah, baik pengadaan barang, pendistribusian maupun penginventarisasian diantaranya prioritas kan untuk disesuaikan dengan materi pelajaran, juga perangkat rancangan pembelajaran yang telah disusun seperti, Program Semester, RPPM dan RPPH Paud.

Adapun bagian dari kegiatan pengelolaan adminitrasi untuk sarana & Prasarana yang mungkin anda perlukan seperti pemberkasan berikut.
  1. Buku Inventaris perpustakaan Guru Paud TK KB RA
  2. Buku Inventaris Perpustakaan Anak Paud TK KB RA
  3. Buku Inventaris Perpustakaan Umum Paud TK KB RA
  4. Buku Inventaris APE Dalam 
  5. Buku Inventaris APE Luar
  6. Buku Inventaris Tanah Bangunan
  7. Buku Inventaris Kelas
  8. Buku Inventaris Barang
  9. Pedoman Prasarana
Selanjutnya silahkan dapatkan berkas tersebut secara lengkap yang telah kami satukan format nya dalam Microsoft word melalui via Google Drive.

Mengenai hal ini rekan pendidik pun bisa melihat juga rencana program pembelajaran paud yang telah kami bagikan pada halaman ini untuk persiapan dalam menyiapkan konsep materi bahan ajar, terutama sebagai penunjang untuk mendorong peserta didik mencapai suatu standar tingkat pencapaian perkembangan anak.
RPPH PAUD

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Daftar RPP Revisi Baru