Contoh RPPM Paud KB TPA Usia 3-4 Tahun Semester 2

RPPH Paud
RPPH PAUD
Pendidikan Anak Usia Dini »
Sebagai Persiapan sebelum menyelenggarakan proses kegiatan mengajar seraya bermain di lembaga pendidikan anak usia dini berikut ini admin akan membagikan Contoh RPPM Paud atau Rencana Program Mingguan Untuk Kelompok Bermain (KB) / Taman Penitipan Anak (TPA) Usia 3-5 Tahun Materi lengkap pembelajaran Semester 2.

Dari RPPM Paud Kurikulum 2013 akan kami sajikan lengkap yaitu meliputi semua Tema Subtema dan Subsubtema untuk Isi dan Bahan Ajar Tahun Pelajaran 2017 2018 dengan Rencana program mulai dari Minggu ke 1 sampai 16. Sehingga bagi Guru Paud yang sedang memerlukan format Contoh RPPM dapat memanfaatkan dokumen ini sebagai rujukan dalam mengembangkan materi kegiatan mingguan, , ataupun program pembelajaran harian mengenai hal ini admin pun telah menyajikan Contoh RPPH Paud Usia 3-4 Tahun materi lengkap semester 1 dan 2.
Contoh RPPM Paud Kurikulum 2013

Contoh RPPM Paud Kurikulum 2013 KB TPA Usia 3-4 Tahun Semester 2

Menilik pada latar belakang Taman Penitipan Anak & Kelompok Bermain atau yang lebih familiar Preschool PlayGroup memang merupakan suatu bentuk layanan pendidikan anak usia dini Non-formal yang saat ini terus meningkat dan berkembang jumlahnya, Pelayanan Paud termasuk TPA dibentuk dengan memberikan layanan Holistik dan integratif.

Holistik dimana merupakan suatu penyajian seluruh kebtuhan anak mulai dari Kesehatan, Gizi, Pendidikan, Perlindungan, berkembang serta mempertahankan kelangsungan hidup. Integratif sebagaimana salah satu bentuk kordinasi dengan instasni-instansi Pembina dengan masksud penyelenggaran pendidikan sekaligus pengasuhan terhadap anak.

Early childhood education & Pre-shool Playgroup atau Pendidikan Usia Dini / Taman Penitipan Anak yang memberikan layanan kepada anak 0-6 Tahun di selenggarakan dalam memberi suatu pelayanan terkait pemenuhan hak-hak anak untuk tumbuh kembang juga perlindungan serta kasih sayang, bagi anak yang terpaksa di tinggal para ke dua orang tua karena pekerjaan.

Berkaitan dengan hal tersebut tentu saja bagi pengurus layanan Program TPA KB Paud perlu menyusun rancangan pembelajaran dengan merujuk pada orientaasi pada kebutuhan anak sesuai dengan perkembangan seusianya, dengan tujuan agar peserta didik dapat merangsang munculnya kreativitas dan inovatif, interaksi sosial sebagai pembelajaran menyesuaikan kondisi dan sosialnya.

Dalam hal ini tentu saja dalam memberikan pelayanan bagi sang anak pendidik perlu mengembangkan beberapa rencana pelaksanaan pembelajaran dengan memperhatikan apa yang menjadi suatu filsapat Tempa, Asah, Asih, Asuh juga beberapa ketetapan dalam Isi Kurikulum mengenai suatu aspek perkembangan, seperti nilai agama dan moral, fisik, motorik kasar, motorik halus, kesehatan fisik, kognitif, bahasa, sosial emosional serta Seni.

Oleh karena nya Untuk RPPM Paud Kurikulum 2013 kami bagikan guna membantu tugas pekerjaan rekan rekan pendidik dalam menyusun materi program mingguan, penysusunan rencana kegiatan mingguan di susun terlebih harus merujuk pada ketetapan muatan suatu Tema Pokok dari Program Semester Paud yang telah tetapkan.

Maka dari itu pada Contoh RPPM Kurulum 2013 untuk KB/TPA Usia 3-4 Tahun yang terdapat dihalaman inipun telah kami susun berdasarkan pada Promes Paud dengan berisikan suatu Daftar Tema Subtema dan subsubtema sebagai berikut:

RPPM Tema Tanaman 

  1. Subtema Tanaman Hias, Subsubtema Tanaman Hias, Bunga Tanaman, Daun Tanaman Hias.
  2. Subtema Pohon Sekitar sekolah, Subsubtema Pohon kelapa, Daun Pohon Kelapa, Buah Kelapa.
  3. Subtema Sayuran, Subsubtema Wortel, Brokoli, Tomat.

RPPM Tema Binatang

  1. Subtema Ayam, Subsubtema Bagian Tubuh Ayam, Telur Ayam, Kandang Ayam.
  2. Subtema Sapi, Subsubtema Bagian tubuh Sapi, Rumput, Susu Sapi.
  3. Subtema Ikan, Subsubtema, Tubbuh Ikan, Kolam Ikan.

Tema Trasnpormasi

  1. Subtema Sepeda & Sepeda Motor, Bagian Sepeda, Bagian Sepeda Motor.
  2. Subtema Mobil & Bus, Bentuk Mobil, Bentuk Bus.

Tema Air, Api, Udara

  1. Subtema Air Subsubtema Bentuk Air, Rasa Air.
  2. Subtema Udara, Subsubtema balon Udara, Kipas.
  3. Subtema Api, subsub Tema Bentuk Api, Manfaat Api, Bahaya Api.

Tema Kebudayaan

  1. Subtema Angklung, Subsub tema Mengenal angklung, Cara memainkan angklung.
  2. Subtema Pakaian Adat, Subsubtema Jawi jangkep dan Kebaya.

Tema Benda di Langit

  1. Subtema Matahari, Bulan dan Bintang, Subsbtema Matahari, Bintang, Bulan.
  2. Subtema Pelangi dan Awan Subsub Tema Pelangi, Awan.
  3. Materi Pengayaan
Pada Contoh rencana program pembelajaran mingguan di atas dimana telah admin satukan filenya dalam bentuk Microsoft Word, yang terkemas dalam Google Drive sehingga selain mudah dalam melakukan pengeditan juga agar tetap terjaga dari serangan virus dan malware. Selengkapnya silahkan dapatkan secara gratis dokumen tersebut melalui berikut ini RPPM TPA KB B Usia 3-4 Tahun Semester 2 K13 Paud Via GoogleDrive.

Sekian informasi terbaru dan terupdate dari kami mengenai suatu perencanaan pembelajaran kami sajikan secara komplit diharapkan mampu memenuhi kebtuhan pendidik juga sebagai acuan dalam mengembangkan program unruk rencana harian RPPH Paud.
RPPH PAUD

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Daftar RPP Revisi Baru