Contoh RPPH PAUD Kurikulum 2013 Tema Rekreasi Kelompok B Semester 2

RPPH Paud
RPPH PAUD
Pendidikan Anak Usia Dini »
Memasuki awal semester baru dimana sebagai seorang pendidik, di satuan pendidikan anak usia dini ataupun taman kanak-kanak akan disibukan dengan rutinitas nya kembali dalam menyiapkan perlengkapan perangkat pembelajaran maka kamipun akan membagikan Contoh RPPH PAUD Kurikulum 2013 Tema Rekreasi SubTema Tempat-tempat​ rekreasi, untuk usia 5 sampai 6 Tahun yang mana merupakan suatu acuan untuk dapat digunakan sebagai bahan referensi dalam membuat materi rencana program pembelajaran harian (RPPH).

Jika membicarakan mengenai Format rencana pelaksanaan pembelajaran harian RPPH, memang merupakan suatu kebutuhan pokok bagi pendidik sebagai salah satu dokumen administrasi pembelajan yang dapat menunjang aktivitas kegiatan belajar mengajar di ruang kelas maupun luar ruangan, juga termasuk buku panduan guru dalam melaksanakan kegiatan mengajar dan bermain.

Karena itulah guna membantu tugas pekerjaan Bapak Ibu Guru membuat susunan materi bahan ajar anak didik, kamipun menyajikan Format RPPH PAUD Kelompok B Semester 2 yang bisa ditinjau terlebih dahulu sebagai contoh referensi ataupun perbandingan dalam pembuatan materi bahan pembelajaran disekolah.

RPPH PAUD

Contoh RPPH PAUD Kurikulum 2013 Tema Rekreasi Usia 5-6 Tahun

Membahas terkait pembuatan susunan RPPH (rencana program pembelajaran harian) terlebih pendidik harus menyesuaikan materi dan indikator berdasarkan silabus paud yang telah ditetapkan, agar dalam proses pembelajaran dapat sesuai apa yang menjadi ketentuan pada kompetensi inti dan kompetensi dasar. Selain itu juga agar Pelaksanaan Kegiatan Belajar dapat menyenangkan efektif dan efisien terutama untuk meningkatkan perkembangan anak didik.

Dari RPPH PAUD Kurikulum 2013 untuk Tema Rekreasi Semester Genap akan saya bagikan secara lengkap dari Minggu ke 1 sampai Minggu ke 6 di setiap per SubTema. Bukan itu saja Format Rencana Program Pembelajaran harian RPPH, inipun telah memuat juga Rencana Penilaian untuk Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan. Sesuai pada Permendikbud nomor 146 Tahun 2014 tentang komponen struktur pembuatan RPPH Kurikulum PAUD. Berikut Tema SubTema akan kami bagikan dan sedikit penjelasan kandungan isi materi bisa rekan rekan guru simak dan lihat ulasannya dibawah ini.
RPPH Tema Rekreasi SubTema Tempat – tempat rekreasi
Model RPPH Kurikukum 2013 Kelompok A tersebut memuat materi agar anak didik dapat mensyukuri nikmat ciptaan Tuhan dan kelestarian lingkungan, menjaga kesehatan, berdoa sebelum bepergian, membuang sampah pada tempatnya, dengan karakter supaya peserta didik peduli terhadap lingkungan. Dengan Peralatan sekolah menggunakan Alat dan bahan seperti Gambar tempat tempat rekreasi, kertas, Pensil dan Krayon sebagai media pembelajaran peserta didik.
RPPH Tema Rekreasi SubTema Tempat tempat Rekreasi (Taman Kota)
RPPH Kelompok A Kurikulum 2013 berisikan materi pembelajaran diantaranya Mensyukuri ciptaan Tuhan, Kelestarian lingkungan, Menjaga kesehatan, Sabar menunggu  giliran, Mau berbagi dengan teman, Doa sebelum bepergian, Membuang sampah pada tempatnya dan Mencari jejak. Dengan Karakter Bersahabat. Alat peraga pendidikan yang digunakan meliputi Alat dan bahan yang digunakan terdiri dari, Gambar, Kertas, Pensil dan Krayon sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar siswa.
RPPH Tema Rekreasi SubTema Tempat tempat Rekreasi (Pemandian / Kolam Renang)
Memuat Proses Kegiatan Inti seperti Bermain di bak air, Mewarnai gambar kolam renang, Mencari gambar benda–benda yang ada di kolam renang dan Konsep waktu ( pagi , siang , sore ). Dengan Bahan dan alat menggunakan perlatan pendidikan seperti, Bak air, Jam, Pensil serta Krayon sebagai media pembelajaran. dengan materi pokok dimana diharapkan dapat mengembangkan anak didik mempunyai sikap atau Karakter Disiplin.
RPPH Tema Rekreasi SubTema Tempat tempat Rekreasi (Pantai)
Untuk isi kandungan materi ini dimana di harapkan dapat mengembangkan karakter kekretifitasan anak anak (Kreatif) seperti membuat mainan dari pasir sebagai hasil kreativitas dan termasuk nilai Seni. Berikut Alat dan bahan yang digunakan terdiri dari, Bak pasir, Kerang / batu, Sumba plus Krayon.
RPPH Tema Rekreasi SubTema Tempat-tempat Rekreasi (Pegunungan)
Adapun kegiatan dari proses kegiatan Inti berisikan materi bermain dengan alat perkusi, berkunjung ke tempat rekreasi terdekat, mewarnai menuju pegunungan dan Menebali suku kata akhir sama ( benda – benda di pegunungan ).
RPPH Tema Rekreasi SubTema Tempat-tempat Rekreasi (Kebun Binatang)
Mengarahkan peserta didik yang bertujuan untuk memiliki Karakter Toleransi sesama mahkluk hidup, dengan tujuan materi pokok diharapkan dapat menceritakan tentang kebun binatang, bermain peran sebagai petugas tiket masuk, menghafal syair lagu ke kebun binatang, serta mengembangkan keterampilan seni seperti membuat lipatan bentuk keranjang sampah, bermain bersama teman serta menirukan gerakan dan jenis binatang.
RPPH Tema Rekreasi SubTema Perlengkapan Rekreasi (Topi)
Yang mana merupakan suatu proses kegiatan materi untuk mengembangkan rasa ingin tahu seperti Dapat menyebutkan perlengkapan rekreasi, menghitung topi, memasangkan benda dengan angka, menebali suku kata awal pada kata topi, menghiasi topi mainan dengan tehnik kolase.
RPPH Paud Untuk Tema Rekreasi SubTem Perlengkapan (Payung) 
Merupakan salah satu Contoh RKH Kelompok A memuat materi yang mengarahkan peserta didik untuk mempunyai karakter kerja keras, rencana penilaian, pengetahuan & keterampilan Dapat menyebutkan perlengkapan rekreasi, menggunakan payung dengan benar, membuat bentuk payung dari kertas, membuat gambar sesuai angka serta menari tari payung.
RPPH Paud Tema Rekreasi SubTema Perlengkapan Rekreasi (Baju Renang & Pelampung)
Mengembangkan Karakter Bertanggung jawab, Melalui Proses Kegiatan Inti Memilih baju renang, Menggunting dan menempel bentuk pelampung, Mengelompokkan peralatan  untuk Berenang juga Menirukan 2 urutan Kata.
RPPH Tema Rekreasi SubTema Perlengkapan Rekreasi (Tas)
Merupakan Materi Contoh RKH Semester 2 Isi kandungan Program Kegiatan Membuat anyaman tas, Bercerita tentang pengalaman, Bermain puzel serta Membedakan sikap tertib dan tidak tertib di tempat rekreasi, sebagai tujuan mengembangkan karakter kreatif anak-didik sejak dini.
RPPH Untuk Tema Rekreasi SubTema Perlengkapan Rekreasi (Kamera)
Dimulai dengan Penerapan SOP pembukaan, Isi materi inti, Membuat bentuk kamera, Memasangkan kartu huruf di bawah gambar kamera, Menceritakan bila tidak ada kamera disaat rekreasi, serta Membedakan besar – kecil perlengkapan rekreasi. Yang mana mengarahkan peserta didik untuk Gemar Membaca.
RPPH Paud K13 Untuk Tema Rekreasi SubTema Perlengkapan Rekreasi (Makanan, minuman , obat - obatan)
Berisikan susunan proses kegiatan inti, Mengelompokkan gambar bekal untuk rekreasi, Melipat bentuk tempat makan, Menyebutkan jenis obat – obatan anti mabuk dan Meniru pola botol minuman. Menggunakan Alat dan bahan dari Kertas, Pensil, Gambar Serta Pola botol minuman.

Pada RPPH TK Paud Pembelajaran K13 Untuk Semester 2 Kelompok B Usia 5-6 Tahun Tema Rekreasi SubTema dan tiap Minggu nya kami kemas kedalam 1 file Microsoft Office Word. Berikut rekan-rekan guru dapat mengunduh filenya Secara lengkap Gratis dengan cara melalui kata berikut: RPPH Kurikulum 2013 Paud Tema Rekreasi Semester 2 Lengkap Via Google Drive.

Berita informasi terbaru dari kami mengenai Materi Paud untuk RPPH Tema Lingkunganku telah kami posting dimana pembelajaran tersebut merupakan rencana kegiatan harian yang merujuk pada Contoh RPPM PAUD dan merupakan kelanjutan dari materi kegiatan harian RPPH pada halaman ini yaitu Tema Rekreasi.

Demikianlah mengenai Contoh RPPH​ Paud Kurikulum 2013 yang dapat pendidik edit kembali sesuai dengan visi misi tujuan di satuan pendidikan anak usia dini masing-masing. Sekian penyampaian Artikel hari ini diharapkan dapat memberikan wawasan juga bisa menjadi acuan bagi Bapak Ibu Guru sebagai bahan referensi dalam membuat rencana program pembelajaran harian. Diakhir tulisan Terimakasih atas kunjungan anda.
RPPH PAUD

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Daftar RPP Revisi Baru